Tinggalkan komentar

Cerianya Liqo Anak Kader di Masjid Raya Al Ikhlas

suasana pembukaan liqo anak kader

Ahad pagi, 7 Oktober 2012 terlihat cerah, secerah wajah anak-anak yang mengikuti Liqo Anak Kader yang dilaksanakan oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Ketapang di Masjid Raya Al Ikhlas. Mereka peserta kegiatan ini adalah anak-anak dari orang-orang yang mendukung dakwah di Ketapang. Bukannya karena mereka kurang pengetahuan agamanya, sehingga ‘terpaksa’ menitipkan anak-anaknya untuk dibina dalam kegiatan anak kader ini, melainkan karena sunatullah,..bahwa anak-anak perlu teman dan guru di luar dari lingkungan keluarganya.

Ust. Erik memberikan pengarahan kepada peserta liqo anak kader

games ringan, sebelum terbentuk dalam kelompok-kelompok kecil

Alhamdulillah mereka semua termasuk anak-anak yang pintar dan supel, sehingga tak canggung ketika dipertemukan dalam satu kelompok, memang ada satu-dua anak yang agak lama ‘panasnya’, karena terbiasa tinggal dilingkungan yang ‘minim’ teman. Lama-lama anak inipun menjadi terbiasa dan ikut ber-lebay-lebay-an dengan mereka…hi hi hi…senangnya bisa melihat mereka bermain bersama.

Kelompok Apel

Kelompok Semangka

Kelompok Jeruk

Dalam kegiatan liqo anak kader ini, diharapkan anak-anak untuk belajar Islam dengan ‘cara’ yang berbeda dengan yang biasa mereka dapatkan di Sekolah. Pembahasan keagamaan pada liqo anak kader ini berbeda nuansanya. Mereka bebas bertanya dan berdiskusi tentang apa saja, termasuk hal-hal yang dianggap tabu kalo pertanyaan tersebut mereka lontarkan di sekolah.

Disamping itu juga diharapkan ada hikmah lain , yaitu munculnya rasa percaya diri diantara mereka terutama bagi anak yang selama ini termasuk murid yang ‘pendiam’. Pada liqo anak kader ini juga bisa dilakukan pembahasan tentang kesulitan belajar, PR yang susah, dsb dengan bahasan tuntas tanpa upaya menggurui dan menghakimi, karena pada kegiatan liqo anak kader ini, pembina memposisikan diri mereka sebagai teman bagi anak-anak. Peserta liqo anak kader bisa bertanya apa saja, kemudian pembina menjawab dengan sebenar-benarnya, baik dari kacamata Islam maupun psikologis pendidikan anak dan pra remaja. Semoga langkah awal ini diringankan dan diberkahi oleh Allah SWT untuk senantiasa melaksanakannya secara istiqomah.

para pembina liqo anak kader sedang mempersiapkan atribut untuk peserta liqo anak kader

 

Usai liqo…ada juga yang membawa bekal sarapan…so..sarapan dulu ya sebelum pulang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: